TOMYUM GONGGAI

Tomyam, apa tomyum? 
Apalah itu sebutannya, yang pasti sup yang memiliki rasa asam pedas berasal dari thailand ini adalah salah satu makanan kesukaan saya. 

Di negerinya, Thailand tom yum ini ada beberapa jenisnya, tomyum goong yang isinya udang, tomyum gai yang ada ayamnya atau tomyum pla adalah tomyum dengan ikan, nah kalau tomyum saya itu apa? tomyum gonggai, hihih yang tiada lain tiada bukan adalah tomyum udang ayam. Hihihi. 

Unik, buat saya memang unik nih rasa tomyum ini, rasa pedas asam ini memang membuat kenikmatan tersendiri. Apalagi aroma serainya yang pekat diikuti aroma daun jeruk dan daun ketumbarnya yang membuat hasrat ingin segera memamahnya. 

Karena hasrat ingin menikmati tomyum disore hari yang hujan, saya pun memutuskan untuk membuat tomyum gonggai ini dengan bumbu dan bahan yang sangat dibawah batas standarnya, hihihi. 


Bahan:

Untuk bahannya pun tidak banyak yang saya siapkan, hanya udang dan daging ayam suir saja. Serta bumbu tomyum yang sudah jadi. Bumbu yang saya beli di pasar Palasari, gak beli sendiri sih titip temen kantor itu juga. Dan air 2 gelas, udah gitu aja. 

Cara Membuat:

Air di didihkan. Sebelumnya udang dan ayam sudah saya rebus duluan sih. Setelah air mendidih masukkan bumbu tomyum yang sudah jadi, kemudian masukkan udang dan ayam. Aduk sampe rata dan biarkan mendidih. Selesai, iya selesai. Betapa mudahnya membuat tomyum gonggai ala saya ini, hihihi. Lebih mudah lagi menghabiskannya. :D 


Sekian resep ala kadarnya dari saya, masih jauh dari kata sempurna, namun ini adalah perjuangan. Hihihih 





7 comments:

  1. Udangnya melambai2 ih minta dikunyah hihihi

    ReplyDelete
  2. wah minta di nikmati ini mak..rasanya pengen bisa langsung menikmati..wuah enaknyaaaa
    salam kenal mak

    ReplyDelete
  3. wah, kalau ada ayamnya saya suka tapi kalau udang hmmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ayamnya aja juga enak kok kalau dibuat tomyum

      Delete
  4. Tom yum pake udang...hmm...boleh juga nih dicoba resepnya.. Soalnya aku penikmat masakan yg berunsur udang.. Mksh ta sdh sharing resepnya...

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan berkomentar yang sopan yaa.