Cara Menikmati Teh

Cara menikmati teh tidak sembarangan lho. Air yang akan dicampur dengan teh harus memiliki suhu yang pas, terus minum teh itu harus secepatnya supaya antioksidannya masih tinggi dan banyak sih cara minum teh lainnya yang belum diketahui. 

Untuk pertama suhu air harus pas, teh hitam sih bisa disiram air yang hampir mendidih. Namun tidak untuk teh oolong, teh hijau atau teh putih harus dicampur dengan air dengan suhu 70 - 80 derajat celcius, tapi ada juga sih teh hijau yang disajikan dengan air 50 derajar celcius. 

Cara Menikmati Teh

Dalam suhu itu, kita bisa merasakan rasa teh dan manfaat teh itu. COba deh bisa dibandingkan sendiri, teh yang memakai air panas 100 derajat celcius pasti akan memiliki rasa yang lebih baik, beda dengan teh yang diseduh air dengan suhu 70 derajar celcius. 

Selain suhu air, peralatan juga menunjang. Lebih baik menikmati teh menggunakan gelas atau cangkir dengan bahan keramik, karena keramik bisa mengetahui suhu air yang pas dan juga akan membuat aroma teh semakin kuat. 


Cara menuangkan teh juga memiliki pengaruh terhadap kenikmatan rasa teh. Air yang akan digunakan untuk membuat teh harus dituangkan dengan cara memutar, agar daun teh tidak pecah dan patah karena kalau sampai daun teh patah atau pecah rasa teh akan pahit.

Cara Menikmati Teh


Kadang cara minum teh suka dilupakan bahkan enggak dipedulikan sama sekali, beda ya dengan di Jepang. Teh sebelum diminum itu harus dihirup dulu aromanya. Filosofi menikmati aroma teh ini adalah bentuk menghargai orang yang membuat teh baik itu pembuat atau pemetik tehnya. Setelah itu teguklah hingga tiga kali.  Dengan begitu ketika menikmati teh akan terasa sekali relaksasinya. 


Selamat minum teh. 








No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, silakan berkomentar yang sopan yaa.