Kimchi

Yuhuuu, i'm back. Masih berkutat dengan masakan korea nih. Kali ini saya ingin share resep sangat sederhana ala saya, kimchi ala bebebnya Jang hyuk, hahaha. Kimchi adalah makanan tradisional korea, sayuran yang difermentasi dan diberikan rasa pedas. Semacam asinan sayur kali yah. 


Kimchi ini terbuat dari bahan sayuran yang memiliki kadar serat tinggi tapi rendah kalori. Kimchi itu sehat lho, karena mengandung vitamin A, B1, kalsium, zat besi dan ada bakteri asam laktat yang sangat baik untuk pencernaan. 


Ternyata, kimchi ini adalah makanan tersehat sedunia lho. Keren kan, pantesan yee orang korea kulitnya cakep - cakep ternyata makanan mereka sehat banget. 

Sekarang mari siapkan bahan dan bumbunya  untuk membuat kimchi ala saya : 


  • Sawi putih, potong sesuai selera, kalau saya gak dipotong sih. 
  • Lobak, potong bulet atau korek api, bebas. silakan berekspresi. 
  • kecap ikan
  • Sesame oil / minyak wijen.
  • jahe
  • bawang putih
  • bubuk cabe
  • garam dan gula putih


Oke, bumbu dan bahan sudah siap. Sekarang cuci sawi dan lobak, cuci bersih yah karena ini akan difermentasi, jadi wajib bersih pake banget. 

Masukkan ke dalam satu wadah sawi putih dan lobak, taburi garam dan gula putih secukupnya saja, nah disinilah insting dibutuhkan, kira - kira saja. Sesudah itu, taburkan cabe bubuk kemudian aduk sampai rata, oke sudah rata masukkan minyak wijen dan kecap ikan aduk lagi sampai rata, jangan sampai bosan mengaduk yah. Tambahkan jahe yang sudah dicincang, kemudian silakan aduk lagi sampai bener - bener sawi dan lobak terlumuri bumbu. 

Sudah diaduk, silakan tutup wadah tadi dengan rapat, masukkan ke kulkas dan diamkan beberapa tahun , eh beberapa jam, sepuluh jam udah oke lah. Tapi lebih enak 2 - 3 hari. 

Kimchi ini enak dinikmati dengan mie rebus, nasi juga bisa. 

Selamat menikmati :) 








16 comments:

  1. ih gampang ya buatnya aku doyan bangetini padahal tapi belum pernah buat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gampang banget mak, yuk bikin hehe

      Delete
  2. Dari dulu pengen nyoba tapi keduluanan ama si malas..

    ReplyDelete
  3. Pertama kali nyobain kimchi rasanya aneh banget mungkin karena nggak cocok dengan lidah asli indonesia kaya aku nih mba dikasih kimchi yang rasanya asem-asem pedes dikit gitu aku jadi kurang suka hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu juga saya pas pertama nyobain agak aneh dengan rasanya, tapi sekarang malah doyan :D

      Delete
  4. Penasaran sama rasanya. Kalo difermentasi jadi asem, dong?

    ReplyDelete
  5. Penasaran sama rasa aslinya. tapi bikin ndiri gampil pisan. Eh, kebetulan ada sawi putih di kulkas. Tapi minyak wijen dan kecap ikan harus nyari dulu.

    ReplyDelete
  6. Paling mantab temennya mie rebus. Aku suka. Tp bikinnya blm nemu bumbu yg pas.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan berkomentar yang sopan yaa.