Resep Tteobokki

Hallo,
Masih makanan korea nih. Kali ini saya bakalan share resep tteobokki ala saya. Itu loh kue beras ala Korea yang pedes dan enyak. Sebelumnya saya pernah bereksperimen membuat kimbab dan kimchi, silakan klik saja resepnya sudah pernah saya share sebelumnya.

Nah sekarang, saya ingin share resep kue beras ala saya. Sederhana banget dan enggak pake ribet.

Bahan untuk tteok nya :
-250gram tepung beras, saya pake rose brand. 
- air secukupnya. Sampai tepung beras larut.
- 2 sdm minyak wijen


Oke, untuk bahan dasar ini gampang banget. Larutkan tepung beras dengan air. Sudah larut didihkan sampai kental di atas api kecil. Apinya jangan gede - gede karena kalau terlalu gede alhasil gumpalannya kurang bagus. 
Nah setelah kental diamkan sampai dingin. Karena kalau masih panas ga bisa diuleni.


Udah dingin?

Sekarang masukkan 2 sendok makan minyak wijen. Lalu aduk tepung yang sudah mengental tadi dengan tangan sampai bisa dibuat memanjang. Kemudian kukus. Tunggu sampai kenyal dan matang.
Nah sekarang tinggal bikin saosnya.
Bahan untuk saos : 
- 3 siung bawang putih
- 2 siung bawang merah
- bawang daun
- garam
- gula putih
- cabe merah
- minyak wijen
- kecap ikan
- saos tomat
- saos cabe / pasta cabe
- bubuk cabe / pake abon cabe juga bisa.
- minyak untuk menumis.

_ tepung meizena, larutkan dengan air dingin 

Langkah pertama ulek bawang merah, bawang putih, garam dan cabe merah sampe halus. Kemudian tumis sampe harum. Setelah ditumis masukkan saos tomat dan saos cabe atau pasta cabe, setelah teraduk semuanya kemudian masukkan larutan tepung maizena untuk mengentalkan. Aduk sampai rata, kemudian masukkan gula dan garam. Aduk lagi sampai rata, masukkan minyak wijen dan kecap ikan secukupnya. 

Setelah rasanya pas, masukkan kue beras yang sudah matang, aduk lagi sampai bumbu meresap sempurna. 

Taburkan biji wijen, dan silakan dinikmati. 

Gimana, gampang bukan???? 

Selamat mencoba. 


19 comments:

  1. ngecesss, bisa buat ngemil juga neh :))

    ReplyDelete
  2. mau dong dibikinin buneng wkwkwkwk :))

    ReplyDelete
  3. Iya maak..gampang banget! coba aaah..

    ReplyDelete
  4. Tian, bakat sepertinya bikin resto seperti Gepuk Kenkei ^_^

    kalo dia kan restonya ada seblak dan cilok kuah tuh, nah tambah tteobokki keren nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mak Tanti.

      Iya laporan dulu ke teh Rika nya hahaha 😃

      Delete
  5. Duh jadi ngiler, mom. Thank you resepnya. ^^

    iamvinaeska.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. wah enak kayanya ya aku belum pernah makan mbak. mau ah nyobain bikin

    ReplyDelete
  7. Sukaanku ini makk..... seringnya aku camilin bareng kimchi... kok jd pengen juga..:p

    ReplyDelete
  8. Aku krn keseringan nonton drakor penasaran ma makanan ini. Pas festival korea akhirnya beli. Lumayan enak. Makasih resepnya ya. Nyobain ah buat bekal nonton drakor

    ReplyDelete
  9. Wih mantaps sambil nonton drakor sambil ngemil tteobokki

    ReplyDelete
  10. Ka, terima kasih untuk resepnya. Kira-kira lama waktu mengukus berapa menit ya? Di atas tidak di sebutkan. Hehe. Nuhun

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan berkomentar yang sopan yaa.