Donat Kentang Sederhana

Donat Kentang. Suka penasaran kalau baca - baca resep di cookpad. Seliweran tuh resep donat kentang, dan akhirnya saya eksekusi deh resep donat kentang itu. Awalnya deg - deg an karena takut gagal, takut ga ngembang dan ketakutan lainnya, tapi alhamdulillah jadi juga dan rasanya enak plus lembut banget. 




Bahan yang dibutuhkan adalah : 

  • Kentang, kukus dan kemudian haluskan dengan sehalus - halusnya. Untuk ukurannya saya sih dikira - kira saja, 2 kentang ukuran besar.
  • 250 gram tepung terigu, saya gak yakin juga apakah benar ukurannya 250gram, saya juga kira - kira mengguunakan feeling sih hehe. 
  • 2 Sendok makan gula pasir, karena saya ga suka terlalu manis, nanti manisnya bisa ditaburin gula halus saja sebagai toping. 
  • 1 sendok makan fermipan
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • garam sejumput
  • 1 butir kuning telur
  • 3 sendok makan susu bubuk, saya pakai dancow full cream, ditambahin lagi dikit jadi enggak 3 sendok hehe.
  • Air secukupnya
  • Keju dan meses untuk topping


Cara - caranya :

  • Kentang dicuci, lalu kukus sampai empuk, dinginkan kemudian dihaluskan.
  • Masukkan semua bahan kecuali air dan mentega
  • Aduk perlahan menggunakan tangan, kemudian masukkan air secukupnya saja
  • aduk lagi kemudian masukkan mentega, dan uleni terus sampai kalis. 
  • Tutup dengan serbet, sekitar 30 menitan lah.
  • setelah adonan mengembang, bagi menjadi beberapa bagian dan silakan cetak menjadi donat bulat dan bolong. 
  • Goreng hingga berwarna cokelat, apinya jangan terlalu besar, api kecil saja biar matangnya merata.
  • Berikan toping sesuai selera. 


Selesai deh, gampang kan? Enak loh, lembut banget. 




4 comments:

  1. Weeh donatnya bikin ngiler teh, aku mau coba juga ah, gampang neh sepertinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang kok, hehe saya aja pake kira - kira nakar nya dan hasilnya enak

      Delete
  2. Teh aku minggu kemarin bikin juga, tapi bagian paling susah ngebentuk bolong tengahnya itu, mencong-mencong jadinya nggak indah hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaa, saya juga pas bolongin tengahnya amburadul, wkwkwkwk. Kayaknya harus pakai cetakan donat deh

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, silakan berkomentar yang sopan yaa.