Tips Membeli dan Memilih Kompos Gas

Tips Membeli dan Memilih Kompos Gas. Tidak akan ada makanan lezat kalau kompor di rumah sedang rusak, ya kan? Atau mungkin punya kompor gas baru, tapi udah rusak, hiks. Saya pernah ngelamin ini, beli baru eh baru dipake beberapa bulan malah udah rusak, iya sih saya beli kompor gas murah disini pas lagi ada diskon biar hemat, bukannya untung malahan buntung karena harus membeli kompor gas baru lagi. 
Untuk yang sedang mencari kompor gas, harus diperhatikan dulu nih mau beli yang berapa tungku. Mau yang satu tungku atau dua tungku atau bahkan pengen yang empat tungku, diniatkan dulu ya sebelum membeli. Biar gak pusing pas mau beli. 

Selain tungku juga, kompor bisa dibedakan juga apakah kompor itu portable ataukah freestanding cooker. Free standing cooker itu adalah kompornya berdiri sendiri tidak ada penyangga, sedangkan kompor portable perlu penyangga. Portable ini biasanya hanya satu atau dua tungku saja, sedangkan yang free standing cooker bisa empat tungku. Jadi bisa kebayang ya apakah mau beli satu tungku atau empat tungku? Sesuaikan juga dengan kebutuhan yah, lebih membutuhkan portable kompor ataukah freestanding cooker? 

Saya sih lebih suka yang banyak tungkunya, bisa disambil masak ini itu yah jadi ga perlu antri tungku, tapi mungkin gas juga bakalan lebih boros deh. Karena kan kebanyakan memasak dan menggunakan gas, apalagi sekarang gas mahal ya. 

Sekarang pikirkan juga ukuran kompornya. Lebih baik jika disesuaikan dengan area dapur. Jangan sampai dapurnya kecil namun kompornya besar atau sebaliknya. Menyesuaikan dapur dan kompor itu penting, agar nantinya nyaman dalam memasak. Kalau kompornya besar terus dapurnya kecil, kebayang kan gimana repotnya ketika masak?


Cek juga jarak antar tungku. Coba deh pilih jarak antar tungku yang satu dengan tungku yang lainnya apakah lebarnya tidak berdekatan, kalau tungkunya berdekatan bakalan repot ketika menggunakan panci berukuran besar pada saat bersamaan. Atau ketika menumis menggunakan wajan besar dan membuat air panas untuk bikin mie, kan jadinya terlalu berdekatan mereka, ga asik juga kan? Saya pernah tuh mengalami, ketika memasak banyak otomatis tungkunya dipakai, dan lebar tungkunya jaraknya dekat, jadi pas saya memasak menggunakan kedua tungku itu ribet banget, dan akhirnya harus mengalah deh, mengganti ke panci atau wajan yang lebih kecil. 

Auto ignition. Pilih yang auto karena dengan api otomatis itu ketika di cetrek atau dinyalakan maka api bisa langsung menyala. Katup otomatis juga harus diperhatikan, takutnya nanti malah bocor pada saluran gas maka katup ini akan menutup dengan otomatis, penting banget nih demi keamanan. KAdang kalau gak auto ignition suka susah nyala, ceklak ceklek ga karuan dan akhirnya malah bau gas. 

Pilih lapisan dari bahan stainless stell, kenapa? supaya enggak cepet berkarat dan juga membuat lebih cepat jika membersihkan noda pada kompor, dan juga mempengaruhi keawetan kompor. Jadi kalau kompor sering dibersihkan noda  -noda nya juga bakalan awet, dan juga enak dilihat dibandingkan dengan kompor yang bukan terbuat dari stainless stell kan? 

Gimana? Sudah kebayang kan kompor gas seperti apa yang diharapkan? yuk beli kompor gas murah disini . Ingat selalu ya membeli kompor itu harus banyak yang diperhatikan, jangan asal membeli saja. Karena kan kalau beli kompor gas pengennya tahan lama, awet digunakan plus aman. 












1 comment:

  1. Aku beli kompor gas udah 8 tahun tapi alhamdulillah masih awet sampai skarang, mba. EMang harus hati2 beli kompor gas :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan berkomentar yang sopan yaa.