Gombal Asap, Makan Ikan Asap Nan Nikmat

Beberapa hari lalu, happy mommy diajakin temen untuk mencoba makan ikan asap, hmm sepertinya menarik, secara happy mommy gak pernah makan ikan asap, jadi penasaran. Akhirnya happy mommy pun mengiyakan undangan sang teman untuk menikmati ikan asap.



Begitu tau nama tempat makannya, GOMBAL ASAP. Huh apaan nih, tukang gombal apa ya? Hihi. Dan ternyata Gombal Asap ini adalah Sego sambal Asap, eh ikan asap, sego itu bahasa jawa yang artinya nasi. Untuk menyambangi Gombal Asap happy mommy gak merasa kesusahan, karena Gombal Asap ini letaknya di halaman Gudeg Banda daerah Ciliwung. Temen - temen sudah pada tau dong gudeg Banda? Pasti tau lah yah.






Tentang Gombal Asap

Happy mommy, sempat ngobrol - ngobrol cantik dengan ibu gombal. Ibu gombal banyak cerita, tentang ia dan suaminya yang besar di pesisir pantai dan karena inilah ibu gombal sangat menyukai ikan dan makanan laut lainnya.  Berawal dari kebaikan hati ibu gombal yang sering mengundang kerabat ke rumahnya hanya untuk menikmati masakan ikan ala ibu dan pak gombal, hingga akhirnya mereka berdua membuka Gombal Asap.
❤❤❤

Makan Ikan laut, tapi gak amis

Jujur ya, happy mommy baru loh makan ikan asap ya di Gombal Asap, haha. Pas pertama denger ikan asap, happy mommy langsung mikirnya tuh, lah ini ikan asin apa yah? Dan ternyata happy mommy salah, ikan asap adalah ikan laut yang sudah diasap, diasap dengan tujuan untuk mengawetkan. Teknik pengawetan dengan cara diasap ini biasa dilakukan dulu sebelum adanya kulkas, untuk mengawetkan ikan dan sampai sekarang juga masih happening metode pengawetan dengan cara diasap. Ikan asap, Gombal Asap ini enak, aroma asapnya masih terasa loh, khas gitu rasanya.

Sudah pada tau dong kalau ikan laut itu memiliki protein yang tinggi, tapi kebanyakan kurang suka sama ikan laut ya, mungkin karena bau amis. Happy mommy mau kasi tau nih buat yang takut makan ikan laut karena bau amisnya, makan ikan di Gombal Asap ini ga amis loh, karena proses pengasapan ini ternyata bisa menghilangkan bau amis pada ikan laut, lho. Meski sudah melalui proses pengasapan, rasa ikan lautnya masih sama, daging ikan masih segar dan enak tentunya.

❤ Menu Gombal Asap ❤
Ikan laut di Gombal Asap ini banyak pilihannya, diantaranya ada iwak Pe ( ikan Pari ), Marmoyo, Putihan, Tongkol, Kakap dan masih ada beberapa nama yang belum familiar di telinga happy mommy. Ikan asap yang dijual disini, bisa dibeli dengan atau tanpa nasi. Bisa juga dibeli yang mentahannya, yang frozen. Paket ikan asap ini terdiri dari ikan asap, nasi putih, lalapan dan sambal ( ada sambal terasi, mangga, matah dan blimbing wuluh). Sambal terasinya ini enak banget, kata bu Gombal sih terasinya ini home made ala mama mertua bu Gombal. Sambalnya langsung ulek, jadi fresh loh.


Ikannya bisa digoreng atau dipanggang, bebas silakan tentukan sendiri maunya diapain. Setelah ikan matang, silakan nikmati dengan sambal, wiiih saya jadi ngiler lagi. Dan jangan heran pas nanti sedang menikmati daging ikan lautnya ada aroma asap yang khas dan tentu menambah kenikmatan.


Setiap hari minggu, ada menu spesial loh yakni menu Mangut, ikan berkuah santan plus rempah - rempah yang rasanya sangat nikmat, meski pertama kali happy mommy merasakan mangut, rasanya langsung masuk ke lidah dan enak. Wajib dicoba juga nih Mangut Ikan ala Gombal Asap.



Gombal Asap dan Kampanye Makan ikan

Duh, buat saya kampanye yang diadakan bu Gombal dan Pak Gombal ini sangatlah mulia, ya kampanye makan ikan agar pintar kan keren. Ini ditujukan untuk para orang tua terutama ibu, supaya membiasakan anak mengkonsumsi ikan laut sejak dini agar anak terbiasa. Tingkat konsumsi masyarakat pada ikan masih minim, dibandingkan dengan makanan lain. padahal protein yang dikandung ikan laut sangat tinggi dan banyak manfaatnya yah. Bu Gombal senang loh, kebetulan banget Ibu Mentri Susi juga sedang berkampanye agar makan ikan, kalau tidak makan ikan nanti ditenggelamkan, lah milih makan ikan apa ditenggelamkan? hohoh. Alhamdulillah kalau happy mommy dan anak cantiknya suka makan ikan. 

Jadi mari kita dukung kampanye #marimakanikan #ikanituenak #ikanbikinpintar dengan mulai konsumsi ikan laut, yuk enak loh ikan laut itu apalagi kalau makan ikannya di Gombal Asap. 
Untuk informasi lengkapnya silakan tonton videonya di yutub yah, search aja keponih .



Gombal Asap 

Jalan  Taman Cibeunying Selatan No. 33 
"Kedai Kuliner" Halaman Gudeg Banda 
Bandung
Instagram : @gombalasap

Sampai jumpa dipostingan selanjutnya, 






Post a Comment

8 Comments

  1. Asyeeeekkk. Enak tulisannya. Enak pula ikannya. Gombal Asap emang juara rasa ikan asap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget yah teh yayu, kapan kita kesana lagi?

      Delete
  2. Nyesel main kemari. Jadi pengen ke sana lagi, wkwkwk.

    ReplyDelete
  3. Aduh enak itu ikan mangut oakai kiah santan, menu masa kecil saya kalau mudik ke t4 mbah. Serunya Mommy Happy makan babarengan ya 👍

    ReplyDelete
  4. Namanya lucuuuu yaaa.. tapi makanannya Neal-enak mbaaa

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan berkomentar yang sopan yaa.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)