Makan Gulai Enak Di Jakarta Selatan

Hallo sobat happy mommy, apa kabarnya? 

Masih ngomongin tentang makanan nih, kali ini saya bakalan ngomongin makanan yang berkuah, ada santannya terus ada tetelan, jeroan dan dagingnya, ada yang bisa nebak mau bahas apa? Yuhuuu bener, kali ini saya bakalan ceritain nikmatnya makan gulai tanpa takut kolesterol naik. Awalnya saya pun kurang suka sama gulai, karena kuah santannya yang pastinya mahteh banget yah dan suka bikin saya pusing meski gak sampe tujuh keliling.

Gulai yang akan saya bahas bukan kuliner Bandung, sesekali boleh lah saya cerita kuliner diluar Bandung. Kuliner gulai enak kali ini adalah di daerah Blok M, Jakarta Selatan.



Ada yang pernah nyobain gulai tikungan blok M? Itu yang letaknya jalan Mahakam Blok M, jakarta Selatan. Happening banget loh si gulai tikungan blok M ini. Gulai happening ini bukanlah restoran atau tempat makan mewah, namun kuliner pinggir jalan yang adanya di tikungan kawasan Blok M. katanya sih meski pinggir jalan namun rasanya bisa diadu sama gulai restoran, menurut pecintanya sih gitu.

Gultik adalah nama bekennya, singkatan dari Gulai Tikungan. Meskipun gultik ini kuliner kaki lima namun pengunjungnya membeludak setiap malamnya. Gulai tikungan blok M ini sudah ada sejak tahun 1980 an loh dan sampai sekarang masih dijadikan gulai favorite bagi para pecinta gulai. 


Jadi, pas nonton konser The Moffatts beberapa bulan lalu itu, saya berkesempatan makan gultik happening ini diajakin temen. Katanya gulai ini enak banget dan kalau sudah sekali kesana bakalan nagih pengen kesana lagi, padahal sebenernya saya kurang suka gulai sih, bersantan gitu saya kurang suka. Namun karena dipaksa akhirnya saya rela deh. 




Jadi gulai tikungan Blok M ini adalah gulai sapi,  daging dan  tetelan plus jeroannya, kuahnya pun enggak kental banget meski ada santannya.Rasa santannya masih manusiawi untuk dikonsumsi, yang punya kolesterol juga sepertinya bisa kok menikmati gulai tikungan blok M ini. Gulai nya disiramkan dalam sepiring nasi, plus taburan bawang goreng, kerupuk dan jangan lupa kasi kecap biar ada manis - manisnya. Rasanya? gurih, manis dan lezat. Beda jauh sama gulai yang saya pikirkan deh. Saya suka pedas, jadinya gulai tikungan blok M saya bubuhi sambel, waaah rasanya memang bikin nagih dan menggugah selera, padahal awalnya saya males banget makan gulai sebelum ada insiden paksa memaksa,  namun ketika abang - abang membuka kuali gulai langsung deh wanginya semerbak dan bikin saya laper, sungguh. Dan saya pun menjadi tidak sabar untuk menandaskan semangkuk gulai tikungan blok M ini.


Saya suka sama gulai tikungan blok M ini dan beneran saya ketagihan, tapi kapan ya saya bisa ke Jakarta lagi dan menikmati gultik ini? Untuk harganya pun gak mahal loh, sangat - sangat bersahabat apalagi untuk rasa yang sangat istimewa ini. Dagingnya pun empuk banget, jadi ga ada tuh insiden gigit daging yang a lot, mengunyah dagingnya pun dengan syantiek.

Duh saya kan jadi pengen menikmati gultik lagi, apalagi sambil ngobrol cantik sama temen - temen. Aah semoga masih ada kesempatan untuk menikmati gulai tikungan blok M lagi nih. Temen – temen kalau ada yang mau ke  Jakarta jangan sampai lupa untuk mampir dulu ke gulai tikungan blok M ini ya. Dan kalau bisa saya nitip juga hehe, sebungkus aja gapapa kok, atau mau dua bungkus lebih bagus lagi.

Selamat menikmati GULAI TIKUNGAN BLOK M!!



FYI:

Tulisan by: Tianlustiana.com
Photo by: Foody.id 




6 comments:

Terimakasih telah berkunjung, silakan berkomentar yang sopan yaa.