Makanan Tradisional Indonesia Yang Wajib Dicoba

Makanan tradisional Indonesia yang wajib dicoba apa saja ya?? Saking banyaknya, saya jadi bingung nih. Makanan tradisional Indonesia itu banyak banget dan hampir semuanya enak. Dan ini beberapa makanan tradisional Indonesia yang saya tau dan wajib temen - temen coba. 


SATE

Terbuat dari daging yang dipotong kecil dan ditusuk, biasanya dalam satu tusukan ada 5 atau 6 daging. Dipanggang atau dibakar dengan kayu arang atau bara arang. 

Photo by : Foody.id

Kemudian diberikan bumbu kacang yang enak banget plus gurih, Jangan lupa untuk menambahkan kecap dan acar bawang plus rawit biar tambah segar menikmati sate. Bisa juga dinikmati dengan lontong. Ada sate ayam, sapi dan juga sate kambing. Kalau sate kambing sih enaknya dicocol sambal kecap plus acar saja. Sekarang ada sate taichan, yang bumbunya lebih minimalis karena hanya bawang putih dan rawit saja, pedasnya luar biasa. 

BAKSO

Ini favorite saya banget, sejenislah sama bola - bola daging namun ini lebih lembut dan gurih. Bahan dasarnya daging dan dicampurkan dengan tepung tapioka. 

Photo by : Foody.id

Dinikmati dengan kuah kaldu sapi yang bisa dimakan barengan mie, bihun, so'un atau tauge. Ditaburi bawang goreng dan seledri lebih menambah kenikmatan bakso. Kalau buat saya bakso paling enak itu bakso Garut, karena di sana tuh sambelnya juga enak karena ada rasa kacang gitu, lezat deh pokoknya. Biasanya juga ada yang menjual bakso dengan aneka macam isi. Sekarang malah sedang happening tuh bakso beranak, hihi baksonya besar ada isi bakso - bakso kecil yang jadi anaknya. Terus bakso isi cengek, bakso isi sosis dan aneka ragam isi lainnya. Nanti lama - lama bakso isi apa yah? 

SOTO

Hidangan khas Indonesia ini sudah banyak dikenal dan banyak juga yang suka sama soto. Paling suka sih saya sama soto Bandung, karena selaku urang sunda hehe.

Photo by : Foody.id


Tapi soto atau Coto makassar juga enak, soto mie juga enak, aah semua soto yang ada di Indonesia itu memang menggiurkan untuk dicoba. Setiap daerah di Indonesia memiliki cara tersendiri untuk menikmati soto. 


NASI GUDEG

Nasi gudeg ini lebih enak jika dilengkapi daging ayam kampung, telur bebek yang dipindang, kerecek dan tempe. MAkanan khas Jawa ini menjadi daya tarik tersendiri terutama untuk para wisatawan asing yang sedang berlibur di Yogyakarta, pasti pada penasaran sama nasi gudeg
Photo by : Foody.id

Nasi gudeg tidak hanya ditemukan di kota Jawa, luar jawa pun sekarang banyak yang menjual nasi gudeg, jadi kalau memang sedang ingin menikmati nasi gudeg langsung cari saja warung yang menjualnya, saya yakin disetiap kota ada yang menjual nasi gudeg. 


Masih banyak makanan tradisional Indonesia yang wajib dicoba, insya allah saya akan ulas dipostingan selanjutnya ya. Nah, kalau menurut temen - temen makanan tradisional Indonesia yang paling enak itu apa? Sharing yuk 



Cheers,

HappyMommy


2 comments:

  1. Pempek, mi aceh, sate padang, ayam taliwang, dll banyak dr timur ke barat, hihi, jd laper...

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan berkomentar yang sopan yaa.