Jenis - Jenis Pasta Part 1

Mana nih suaranya pecinta pasta? Di rumah, happy daughter tuh suka banget sama pasta, bekal sekolah untuk snack nya pasti minta dibuatkan pasta. Mulai dari pakai saus bolognaise sampe dibuat sup, pasti suka. 


Pasta, makanan yang bahan dasarnya gandum ini tuh memang jadi idola, terutama bagi anak - anak. Tapi orang dewasa juga banyak yang menyukai pasta. Makanan khas Italia ini bukan hanya terbuat dari gandum saja, namun ada olahan lainnya seperti campuran tepung terigu, air, telur dan garam. Ada yang mengatakan bahwa pasta itu terbuat dari terigu semolina. Yakni terigu yang terbuat dari hasil gilingan biji gandum durum yang kemudian dicampurkan dengan telur hingga warnanya agak kuning cerah dan jika dimasak itu teksturnya agak sedikit kenyal. Kemudian pasta dibentuk beraneka macam sesuai keinginan. Makanya bentuk - bentuk pasta itu aneka ragam. 

Ngomongin beragam aneka bentuk pasta, ternyata jenisnya juga banyak loh. Ada beberapa pasta yang sudah populer di Indonesia dan ada juga yang belum, nah apa saja tuh jenis - jenis pasta dan seperti apa ya kira - kira bentuknya, check this out gengs! 


SPAGHETTI 

Kalau denger nama pasta ini, saya yakin semua umat manusia di bumi Indonesia ini sudah paham dan kenal bener deh sama yang namanya pasta Spaghetti ini. Iye kan?

Jenis - Jenis Pasta Part 1

Spaghetti ini tuh adalah mie nya orang Italia yang bentuknya panjang lurus kayak lidi dan diameternya tebat, ga tipis. Jenis pasta ini tuh banyak sekali digandrungi oleh semua orang dibelahan dunia loh dan sangat cocok dipadupadankan dengan berbagai saus . Memasak Spaghetti ini biasanya dalam rentang waktu 9 - 12 menit sampai al dente, ga matang dan gak juga mentah, pas lah pas digigit gigi tuh ga lengket, nah sudah begitu artinya sudah al dente.

BACA : RESEP AGLIO OILIO 

FUSILLI 

Fusilli ini tuh salah satu pasta yang bentuknya unik, berbentuk spiral. Fusilli ini enaknya tuh diolah dengan saus krim, susu dan keju. Mantabs. Bisa dihidangkan dengan olahan daging ayam, sapi dan sayuran juga. 

Jenis - Jenis Pasta Part 1


MACARONI ELBOW

Langsung kepikiran seblak ya kalau bilang macaroni? hehe. 

Jenis - Jenis Pasta Part 1

Macaroni itu adalah pasta kering yang berbahan dasar gandum durum. Bentuk macaroni tuh ada yang lurus dan melengkung. Ada juga yang berbentuk "C" atau dikenal dengan elbow macaroni. 

Elbow macaroni tuh enaknya diolah menjadi cemilan yang diberikan rasa pedas dan gurih, iya kan? mantabs tuh. Atau dicampur saus bolognaise juga enak sih.

Baca : RESEP FUSILI SCHOTEL 

RAVIOLI 

Ravioli ini adalah jenis makanan tradisional Itali yang diisi pangsit. dengan cara mengisi diantara dua lapisan tipis adonan pasta. Paling enak disajikan dengan kaldu atau saus pasta. Ravioli pada umumnya tuh berbentuk persegi, tapi ada juga yang bentuknya lingkaran atau setengah lingkaran (mezzelune). Pasta Ravioli ini mirip dengan pasta Tortelinni yang ukurannya lebih besar.

Jenis - Jenis Pasta Part 1


Kalau di Roma, Ravioli ini biasanya diisi dengan keju ricotta, bayam, pala dan juga lada hitam. Ada juga yang mengisinya dengan ricotta dan parutan kulit lemon. Hmm yummy ya? 

Jenis - jenis pasta ini masih banyak, insya allah akan saya tuliskan di postingan selanjutnya yah. 


Kalau temen - temen udah pernah cobain pasta mana saja nih? 




See you, 

Jenis - Jenis Pasta Part 1





Post a comment

1 Comments

  1. wah aku akhirnya banyak tahu tentang pasta saat makan di warung pasta, sampai bingung mau pesen yg mana saking banyak macamnya

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan berkomentar yang sopan yaa.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)