Cek Tarif Untuk Pengiriman Bisnis Makanan Online

Pandemi masih belum berakhir, banyak pelaku usaha yang mengeluhkan usahanya hampir saja gulung tikar. Namun, bukan satu hal yang mustahil jika usaha - usaha itu kembali bangkit, betul? Yang penting niat yang sungguh - sungguh dan juga mulai bergerak. 

Para pelaku usaha itu, beralih ke bisnis makanan online. Nah apalagi sekarang kan orang - orang lebih nyaman dan aman dirumah saja, makanya pesan makanan pun lebih baik online. Makanya ini menjadi peluang yang baik untuk para pelaku usaha makanan online. 



Memang, bisnis makanan itu adalah bisnis yang potensial, karena permintaan makanan itu tidak ada habisnya. Coba cek orderan di layanan antar, banyak sekali itu yang menggunakan jasa layanan antar untuk membeli dan mengantarkan makanan. 

Yuk, yang sedang berada dalam keterpurukan usaha, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis makanan online, karena ini memang peluang usaha yang sangat bagus. 

Here's tips untuk mulai bisnis makanan online untuk para pemula. Diantaranya : 

Cari dan temukan ide 

Untuk temen - temen yang ingin memulai bisnis makanan, yuk langsung cari ide yang memang bisa dijadikan bisnis. Nah, setelah menemukan ide bisnis makanan apa, selanjutnya pikirin juga masalah ketahanan makanan atau minuman yang akan dikirimkan secara online kepada pembeli, pikirkan juga masalah kemasan yang baik. 

Target pasar 

Ide sudah ditemukan, sekarang mari kita tentukan target bisnis nih. Jadi yuk teliti target pasar. Target pasar ini bisa dicek di sosial media, cek deh di google trends juga. 

Atau bisa juga melakukan survey kepada tetangga, kerabat, sahabat dan teman dekat tentang ide yang akan dijalankan ini. Jadinya kita punya gambaran yang jelas tentang target pasar bisnis kita. 

Tentukan juga suplier dan distribusinya 

Bisnis makanan itu kan bisnis yang ada tanggal kadaluarsanya, ada batasan makanan atau minuman tuh layak dikonsumsinya sampai kapan. Jadi temen - temen wajib banget pastikan bahan makanan yang dari suplier itu dipercaya dan berkualitas baik. 

Soalnya agak susah menemukan suplier yang baik, makanya harus teliti banget. Pastikan supliernya memasok bahan - bahan makanan yang kualitasnya baik. 

Selain suplier, kita pikirkan juga distribusi yang baik. Alias pengiriman yang baik dan tepat plus cepat. Misalnya mau kirim ke Medan dari Jakarta, ya harus pilih ekspedisi Jakarta Medan yang berkualitas dan terpercaya juga. 




Makanya, sebelum cari ekspedisinya, cek tarif dulu biar ketahuan berapa ongkosnya. Apakah masalah ongkos ini akan ditanggung pembeli atau ditanggung penjual, ini pun harus ditentukan diawal. 

Pastikan juga makanan yang akan dijual tahan lama dan awet selama perjalanan, apalagi kalau perjalanan jauh. Yang penting bahan makanan berkualitas dan packing ketika akan dikirim yang rapi jangan sampai bocor atau tumpah selama dalam perjalanan. 



Gimana? Sudah ada ide untuk bisnis makanan online? Semoga sukses ya bisnisnya, aamiin. 



See you, 


Tian Lustiana




Post a Comment

0 Comments