Sunday, 31 May 2015

Baso Aci Lagi dan Lagi

Gak pernah bosen dan tidak akan bosen mengunyah dan menandaskan satu porsi baso aci ini. Mau itu beli atau bikin sendiri, yang namanya baso aci pasti dengan sigap saya tandaskan tanpa lama, hehe.
Untuk yang menanyakan resepnya baiklah akan saya ulangi tuliskan disini. Sebenarnya saya enggak jago memasak dan merekayasa resep. Tapi untuk baso aci kali ini sungguh ini baso aci terenak yang pernah saya buat, serius.

Untuk resep, jujur setiap kali masak maka setiap kali itu pula saya suka lupa resepnya dan rasanya selalu berbeda. Aneh memang. 


Bahan :

Tepung tapioka / aci
Tepung Terigu
Bawang putih 
Bawang Daun
tetelan / apa saja untuk isian
Ebi
Garam / penyedap rasa apapun
Cengek, hmmm bahasa indonesianya rawit kali yah
Air hangat
Hmm apalagi yah? 



Cara membuat : 

Masukkan aci, garam, bawang putih iris, bawang daun kemudian siram dengan air panas dan asuk rata, jangan keenceran kalau keenceran suka susah diuleni. Setelah itu masukkan terpung terigu secukupnya saja, kalau adonan belum kalis silakan tambahkan aci lagi, jangan kebanyakan terigu nantinya kurang enak juga. Oiya boleh adonannya ditambahkan minyak daging atau minyak ebi biar gurih. 

Setelah diadon, simpan sebentar lalu panaskan air hingga mendidih. Oiya tetelan untuk isiannya kalau saya ditumis dulu sama bawang putih baru dibikin isian baso aci nya. Bulat 0 bulat adonan dan cemplungin deh ke air mendidih. biarkan sampai mengapung berarti sudah matang. 

Untuk membuat kuahnya, tumis bawang merah putih ebi dan daging biarkan sampai harum kemudian masukkan air, seledri dan bawang daun. Berikan garam dan gula, jadi deh. Sambelnya cukup ulekan rawit dan kacang tanah aja udah enak banget kok, uuuh nikmat. 

Simple banget, silakan kreasikan sendiri. 


Selamat menikmati. 


2 comments:

Terimakasih telah berkunjung, silakan berkomentar yang sopan yaa.