Moedhir Smoked Factory, The Best Shawarma In Town

Ada yang suka Shawarma? 

Pertama kali saya makan Shawarma itu di sebuah hotel bintang 5 deh kalau gak salah. Rasanya enak pake banget. Saya rasa lumayan susah untuk menemukan Shawarma di kedai – kedai biasa di kota Bandung. Namun ternyata, ada loh kedai yang menjual Shawarma dengan rasa bintang lima  namun harga kaki lima. Gak percaya? Temen – temen langsung saja datang ke MOEDHIR SMOKED FACTORY, jalan Emong no.40C Burangrang – Bandung.
smoked chicken and smoked beef 


SHAWARMA
Shawarma itu kebab bukan? Kebab itu Shawarma bukan? 
Hmm jujur saya anggap Kebab dan Shawarma itu hampir sama, nyaris sama. Ternyata menurut para Chef yang ada di Moedhir Smoked Factory menjelaskan bahwa yang namanya Kebab itu adalah bentuknya hampir kayak sate, hanya saja potongannya di Timur Tengah sana lebih besar.

Daging ayam yang sedang dipanggang untuk bahan Shawarma 

Nah kalau Shawarma adalah kebab yang selama ini sering saya makan. Itulah the real Shawarma. Snack sehat yang menggunakan roti tipis gitu dan didalamnya ada potongan daging sapi , ayam, kambing atau ikan kemudian dikasi bumbu khas Timur Tengah yang syarat akan rempah – rempah. Dalam paduan bumbu itu ternyata ada rendaman yoghurt loh, rasanya lebih enak. Kombinasi sayuran, daging dan bumbu menyatu sempurna.
Chef Habib Esse with his shawarma - Moedhir Smoked Factory - 

Bedanya Shawarma atau kita nyebutnya Kebab di Indonesia kebanyakan itu memakai daging asap yang sudah diolah lebih dulu jadi gak fresh. Nah kalau Shawarma di Moedhir Smoked Factory ini menggunakan daging asli  dan bumbu khas Timur Tengah yang tentu saja sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Roti pembungkusnya itu dinamakan Saj Bread (lengkapnya silakan digoogling), Saj Bread ini dibuat sendiri oleh Moedhir Smoked Factory. Untuk harga Shawarma dari 20ribu sampai 35ribu. 



Signature rice (With Smoked chicken leg or smoked beef brisket)
Awalnya saya kira di Moedhir Smoked Factory ini saya bakalan bisa makan nasi Biryani yang khas Timur Tengah itu. Tapi ternyata Moedhir Smoked Factory ini memiliki signature rice yang dikombinasikan dengan bumbu rempah cengkeh, bawang putih, aroma bawang bombay pun menyeruak dan membuat nasi ini lebih lezat dibandingkan nasi putih biasa. Belum lagi irisan almond dan kismis yang membuat rasa nasi semakin sempurna. Saya suka. Meski tidak biasa makan nasi dengan kombinasi rempah - rempah seperti ini namun ini masuk ke selera saya. Dan saya yakin temen - temen juga bakalan langsung suka ketika menyuapkan nasi ini, rasanya unik. Perpaduan gurih dan manis dari kismisnya. 



Untuk seporsi Signature Rice Moedhir Smoked Factory ini temen - temen hanya butuh merogoh kocek 25ribu saja sudah mendapatkan smoked chicken leg dan 35ribu plus smoked beef brisket, dan kalau temen - temen mau nambah nasi rempahnya hanya nambah goceng aja.


Smoked Chicken and Smoked Beef 
Ini adalah unggulan dari Moedhir Smoked Factory, smoked chicken yang melalui proses pengasapan murni selama 4 - 5 jam. Dan untuk proses pengasapan beef / daging sapi hampir 10 jam loh. Untuk temen - temen yang mau masak di rumah pakai smoked chicken or beef ini bisa beli dalam bentuk frozennya loh. Bisa dimasak jadi nasi goreng, buat toping pasta atau bahkan dibuat menjadi steak dengan saus lada hitam pun bisa. Ini sepertinya membantu banget ibu - ibu yang suka makan tapi males masak kayak saya deh, beli Smoked chicken dari Moedhir Smoked Factory dan kemudian tinggal dihangatkan saja pake teflon, selesai deh.


Makanya wajib banget deh kayaknya stock Smoked Packages Signature From Moedhir's : 

  • Smoked chicken leg boneless 225gram seharga 35ribu
  • Smoked chicken wings ( 5 pcs) seharga 30ribu
  • Smoked beef brisket (yang melalui proses pengasapan selama 10 jam) 200gram seharga 100ribu 

Emang gampang banget kok, di rumah saya cuma menghangatkan diatas teflon dengan api kecil saja, bolak balik saja sampai hangat. Enak dan empuk banget pokoknya. Temen - temen juga bisa order secara free ongkir loh, kepoin aja IG nya @MoedhirSmokedFactory 
Pas lagi nungguin Smoked Chicken ini diatas teflon saya sambil chatting , jadi saja atasnya agak item - item dikit hehe, tapi tetap enak banget! 


Healthy signature salad 
Ini cocok banget untuk temen - temen yang sedang diet, satu porsi signature salad ini seharga 25ribu  - 35ribu saja sudah mendapatkan satu porsi signature salad dengan sayuran lokal yang masih fresh dengan taburan almond dan kismis plus topingnya bisa milih mau pake ayam, sapi atau tuna. Bebas sesuai selera saja. Untuk saus nya bisa pilih mau barbeque, spicy atau original.

Healthy Signature Salad -Moedhir Smoked Factory-

DESSERT 
Sweet choco Manakish with ice cream
Ini dessert yang wajib temen - temen cobain. Saj bread yang diisi dengan chocolate jam, peanut butter, keju dan marshmallow. Disajikan masih panas dengan ice cream, lebih enak dikonsumsi ketika masih panas karena ketika dicocolin (duh cocooool) ke ice cream akan ada sensasi lelehan marshmallow dan ice cream yang memanjakan indera pengecap saya. Harganya cukup 20ribu saja sudah bisa merasakan sensasi lelehan marshmallow yang bersatu padu dengan cokelat kacang plus ice cream nan lezat. 



Untuk minumannya, temen - temen yang suka kopi bisa coba menikmati kopi Suriah. Atau jika suka teh silakan untuk memesan teh Libanonnya. 


MOEDHIR SMOKED FACTORY 
Moedhir smoked factory ini sudah ada sejak 2016 dengan nama "Kedai Bang Moedhir" . Yang kemudian merubah nama menjadi Moedhir smoked factory di tahun 2018. Pada awalnya Moedhir smoked factory ini biasanya hanya mengikuti bazzar - bazzar saja, jadi ga punya tempat khusus. Hingga pada akhirnya kurang lebih sebulan lalu akhirnya membuka di Jalan emong 40C ini karena banyak sekali permintaan dari para pelanggannya yang ingin makan di kedai Moedhir smoked factory langsung.

Konsep awal Moedhir smoked factory adalah pabrik smoked beef / chicken karena memang sudah menjadi suplier untuk beberapa hotel bintang lima juga loh. Oiya semua makanan dari Moedhir smoked factory ini tanpa bahan pengawet, non MSG dan mudah diolah kembali di rumah. Mudah - mudahan semakin melesat yaa Moedhir smoked factory, menjadi pabrik smoked beef / chicken yang berkah, aamiin. 

Chef Pram Cahya dan Chef Habib Esse yang merupakan Chef Moedhir smoked factory ini dulunya chef di Timur Tengah, di hotel bintang lima loh, hmm pantes saja masakannya enak - enak Chef. 

Kata Moedhir sendiri terinspirasi dari bahasa Timur Tengah yang berarti "pemimpin" atau bos, pokoknya arti moedhir disana itu semacam penguasa gitu deh. Ya, semoga Moedhir smoked factory menjadi penguasa per - smoked chicken / beef - an di Indonesia Raya, aamiin. 




Info : 
Setiap hari selasa Moedhir smoked factory ini tutup ya gaes, hari Jumat bukanya setelah sholat Jumat. 








Penasaran? Buruan order sekarang juga ke Moedhir smoked factory - 081910247573 - 






Happy tummy - Happy mommy, 



Tian lustiana 

36 comments:

  1. Rasanya memang nikmat banget ya, Tian? Terutama daging asam dan shawarmanya, hm, bikin nagih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bikin nagih mbak Al, saya mah pengen kesana lagi jajan Shawarma dan makan nasi rempahnya.

      Delete
  2. aahhh favorit pisan shawarma sama manakish nya, smoked chicken juga hahaha pokonya suka semuaaaa, semuanya enak

    ReplyDelete
  3. Suka banget daging asap dan menu penutupnya euy. Ke sana lagi yuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu ah kesana lagi, makan nasi rempahnya dan dessert manakish

      Delete
  4. Wuihhh kayaknya enak-rnak nih makannanya.. jadi laper.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ke Bandung mampir yaaah ke Moedhir hehe, enak - enak loh

      Delete
  5. Ya ampun Mbak... itu salad sama kebab, eh shawarma, makanan kesukaan saya banget. Andai bisa nyobain ini... Sayang, sayanya jauh dari Bandung. Emang kota kembang tu surganya kuliner ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu enak banget mbak, kalau ke Bandung wajib nyoba ya

      Delete
  6. Kapan2 ke Bandung coba ke Emong ah.
    Penasaran sama si kebab ini. Pengen ketemu langsung juga sama si bos Moedhir hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya sok mangga teh ke Bandung

      Delete
  7. Lapeer banget jadinya pas pulang buka blog liat beginian.. Huaah, belum lagi liat desertnya nikmat banget. Mau dong dikirimin Mbak, eh, hehehe

    ReplyDelete
  8. Menarik sekali penampakannya.. jadi ngiler teh hehe....Saya suka banget sama makanan timur tengah cucok sama lidah sunda saya :)

    ReplyDelete
  9. yang juara menurut aku nasi rempahnya, karna lain daripada yang lain. rasanya juga enak banget, bahkan kayanya ga pake dagingnya pun nasinya doang aku bisa enak2 aja makannya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak, bisa nambah nasi terus yaaa hehehe

      Delete
  10. Saya mendadak pengen ke Bandung habis baca ini, pengen cobain makanan enak-enak itu di Moedhir smoked factory, semua terlihat menggoda.Yummy! hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus ke Bandung, dijamin ketagihan sama nasi rempah dan smoked chicken nya

      Delete
  11. Ya ampun ya ampun ya ampun, ngiler parah liat semuanyaaaa. asli chefnya pun dari timur tengah ya mbaaaak.. rasa rasa masakannya pun pasti lebih khas lagi yaaa.. semoga buka cabang di jakarta ya moedhir smoked factory iniiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya kebangetan hehe. Chef nya pernah kerja di timur tengah

      Delete
  12. Ngliat gambar2nya aja udah ngiler. Jd dia ini konsepnya TImur Tengah tapi beda dengan resto2 Timur Tengah yang tradisional gtu ya mbak. Kreatif yaaa :D Ngiler sama smoked chicken sama dessertnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semua makanannya bikin ngiler emang

      Delete
  13. wuihhh langsung bookmark ah! klo pas jalan2 ke bandung kayaknya wajib mampir nyicip shawarma dan smoked chicken nih. buat variasi biar gak hrs masakan sunda melulu pas di bandung. hihi.. thanks for sharing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan jangan lupa bekal smoked chicken frozennya yang banyak buat oleh2 yaa

      Delete
  14. nama restonya agak susah ya mba hehe. aku ngiler banget sama foto foto menunya. enak dan menggiurkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya cukup mudah kok hehe, iya menu disana enak - eneak

      Delete
  15. Pas ada almond di nasi rempahnya, saya terharu. Enyaak...

    ReplyDelete
  16. Mbak aku jadi laper, salah sendiri jam segini belom sarapan huhu. Itu kok keliatan enak-enak semua yak. Saladnya juga sepertinya masih seger banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya enaaaak, kebangetan deh enaknya, wajib nyoba

      Delete
  17. Aku paling setuju sama kalimat ini mbak: kebab di Indonesia kebanyakan itu memakai daging asap yang sudah diolah lebih dulu jadi gak fresh. Lah baru beberapa hari lalu beli kebab dan kemudian kesel sendiri huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh ayo beli shawarma saja di Moedhir ehehe, enyak enyak

      Delete
  18. Mba Tian kalo sekali makan di sana biar komplit. Bayar berapa ya, keknya mahal juga hahaha apalagi kalo ga diskon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak mahal kok, harga sesuai dengan rasa kok, enaaaak

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, silakan berkomentar yang sopan yaa.