Tips Menjaga Kebersihan Makanan di masa Pandemi

Bukan hanya menjaga kebersihan tangan dan mengikuti protoko kesehatan namun menjaga kesehatan makanan & minuman yang akan kita konsumsi tuh penting juga. Makanya perlu banget memperhatikan kebersihan makanan yang akan kita konsumsi. 


Misalnya nih kalau ada kemasan kaleng kan bisa dibersihkan dengan disinfektan sebelum dibuka. Kalau males semprot sendiri, nyari aja jasa disinfektan, hihi. Nah setelah semprot disinfektan jangan lupa cuci tangan pakai sabun dan air mengalir yah, kurang lebih selama 20detik. Atau bisa juga sih gunakan antiseptik yang basicnya alkohol minimal 60%. 


Dan inilah beberapa tips yang bisa diterapkan dalam menjaga kebersihan makanan yang akan dikonsumsi, diantaranya adalah :  

Cuci tangan sebelum makan
Wajib banget cuci tangan sebelum makan dengan menggunakan sabun dan air mengalir selama kurang lebih 20 detik.

Pisahkan papan potong daging, ikan mentah dan sayuran
Untuk papan potong atau talenan harus dipisahkan. Mana yang khusus daging , ikan dan mana yang khusus sayuran dan bawang - bawang an.


Masak sampai suhu yang disarankan
Masak makanan sampai suhu yang disarankan, jangan setengah matang jika memang tidak direkomendasikan.

Penyimpanan makanan
Harus diperhatikan masalah penyimpanan makanan dalam lemari es nih, mana yang harus disimpan di freezer dan engga. Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan tanggal kadaluarsa makanan.

Selalu gunakan peralatan makan yang bersih
Cuci peralatan makan dengan menggunakan sabun dan bersihkan di air mengalir, jangan sampai ada bekas sabun yang tertinggal.



Semoga kita semua sehat - sehat dan berada dalam lindungan Allah ya, aamiin


Post a Comment

0 Comments