Gimbap Sangat Sederhana

Awalnya, bermula dari kesukaan saya pada drama korea yang kadang sampai membuat air mata meleleh dan hati yang tercabik - cabik. Lebay? dulu saya juga bilang lebay kepada mereka yang sampai segitunya nonton drama korea, eh tapi setelah saya merasakan sendiri ternyata memang benar, nonton drakor itu menguras jiwa, hati dan air mata, serius. Gak percaya ya silakan rasakan sendiri saja. 


Eits, saya bukan mau cerita tentang drama korea lho, tapi ingin berbagi resep, ciyeh resep. iya resep, resep makanan korea. 


Ternyata, makanan korea yang enak itu cukup simple sekali dibuat sendiri, seperti kimbab, atau gimbap atau apalah sebutannya. 


Sebelum membuat gimbap ini sediakan dulu bahan - bahannya yaa, karena memasak tidak akan berjalan jika bahan - bahan belum tersedia, ya eyalah #plak. 

Bahan : 
  • Nasi pulen, pake banget pulennya. Karena kalau ga pulen nanti nasinya bakalan berantakan dan masa iya pas dipotong jadi hancur. 
  • Sesame oil, *gaya euy* maksudnya minyak wijen. 
  • Minyak ikan
  • Nori lembaran
  • bawang putih
  • Wortel, iris memanjang kecil kayak korek api gitu.
  • Garam 
  • Pokcoy
  • Filet dada ayam, jangan dada - dada yang lain *uups* 
  • bubuk cabe *kalau suka pedas*
  • telor dadar, iris tipis memanjang. 
Cara membuat : 

  1. Pertama, yang saya lakukan adalah mencincang bawang putih yang banyak untuk menumis wortel dan pokcoy. Karena masakan korea memang identik sekali dengan bawang putih. 
  2. Tumis, wortel dan pokcoy mau dibarengin juga boleh, mau dipisah juga bisa. Namun jangan pisahkan jauh - jauh takutnya mereka kangen,* apasih *. Tumis wortel dan pokcoy ini berikan garam, minyak wijen dan minyak ikan secukupnya saja, jangan berlebihan. 
  3. Oke, sekarang filet dada ayamnya dan telor dadar. Iris memanjang dan sisihkan, jangan dibumbui, saya sih gak dibumbui entah kalau resep lain. 
  4. Sekarang siapkan nasi panas pulen, tambahkan minyak wijen dan minyak ikan secukupnya saja, tambahkan sedikit air, sedikit saja jangan kebanyakan. Aduk rata kemudian masukkan garam sampai rasanya tidak terlalu asin. Kalau suka pedas sih tambahkan bubuk cabe. 
  5. Siapkan sushi rollmat nya, kemudian siapkan nori dan taburkan nasi diatas nori secara merata, jangan sampai kebanyakan nasinya soalnya pas nanti ngegulung suka susah.
  6. Setelah nasi diatas nori tertata rapi, sekarang waktunya menata hati eh menata isian gimbap nya, letakkan sayuran rapi memanjang, kemudian tumpuk dengan telor dadar dan fillet dada ayam, pokoknya tata sesuka hati deh. 
  7. Gulung rollmat perlahan dan tekan - tekan biar nasinya padat. Gulung sampai semua tergulung rata. 
  8. Potong gimbap, nah potongnya wajib menggunakan pisau yang sangat tajam, karena kalau tidak tajam bakalan berantakan tuh potongan gimbapnya. 
  9. Tadaaaa siap dihidangkan deh, :) 

Gimbap ini cocok banget buat bekal anak dan bekal kantor juga, buat sarapan juga oke. Enak banget nih, simple dan cepet. 


Selamat mencoba, :) 


Salam dari Blogger yang sedang belajar memasak,





2 comments:

  1. Wah, ini resepnya nge"drama" juga nih, wkekekekkk
    Dadanya enggak dibumbui ya ternyata, kirain kasih kecap ikan atau apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dada siapa mak? wkwkwk, kasi sesame oil juga udah enak

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, silakan berkomentar yang sopan yaa.