Skip to main content

Rujak Cingur Surabaya

Makan rujak yuk, gengs! 

Cuaca yang gak panas dan juga gak mendung gini menurut saya enaknya nyemil rujak. Cemilan yang menyegarkan. Nah, kalau di Bandung nyari rujak enak itu banyak loh, segala macam rujak - rujak an semuanya ada loh, mulai dari rujak bebek (baca: Beubeuk), rujak ulek, rujak cuka sampai rujak cingur Surbaya pun ada loh di Bandung. Gengs, sukanya rujak apa? kenalan dulu yuk sama rujak - rujak an. 

photo from : pergikuliner,com
Rujak beubeuk

Rujak yang di-beubeuk barengan dengan terasi, garam, gula merah dan cengek (baca:rawit). Buah - buahannya itu mangga muda, pisang manggala, ubi, bengkuang dan juga kedongdong. Semua bahan itu di - beubeuk barengan atau ditumbuk sampai agak halus dan semua bumbu serta bahan tercampur menjadi satu diatas jubleg (duh apa ya namanya). Disajikan diatas daun pisang yang dipincuk dan dinikmati pas sedang panas, sedapnya! 

Biasanya rujak beubeuk ini ada di acara tujuh bulanan, dituker sama genteng gitu. Eh tapi sekarang masih ada ga yah adat 7 bulanan untuk bumil dan kemudian jualan didepan rumah, yang belinya pake genteng yang dibuletin menyerupai uang. 

Rujak Cuka

Rujak yang rasanya asem - asem pedes gimana gitu karena pada rujak cuka ini sesuai namanya ya memakai cuka. Bahan buah - buahan nya dicampur dengan sayuran. Wortel, timun, toge dan buah - buahan lain dicampurin sama gula merah, air dan cuka. Lebih enak jika disajikan dengan taburan kacang tanah yang sudah digoreng dan ditumbuk kasar plus kerupuk mie yang kuning itu, nikmat sekali. 

Rasa rujak cuka ini khas banget, ada asemnya ada manisnya dan sensasi pedas yang bikin ketagihan, apalagi kalau dicocolin sama kerupuk mie. 

Rujak Uleg

Ini rujak favorite saya, enak banget apalagi kalau bumbunya banyak kacang tanah yang ditaburin diatasnya, wih sedap. Saya paling suka isi buahnya mangga muda, timun, kedondong, bengkuang, sama nanas. Kasi kerupuk aci aja buat nyocolin ke bumbu. enak banget deh pokoknya bikin kepala yang pening jadi fresh kembali. 


Nah kalau semua rujak itu sudah saya nikmati. Kalau rujak cingur surabaya saya belum pernah cicipi, tapi menurut cerita katanya rujak cingur surabaya juga enak. Jadi penasaran deh sama rujak cingur surabaya

Photo from foody.id

Kalau temen - temen sukanya rujak yang mana? Sharing yuk

Comments

Popular posts from this blog

BAKSO ISTIGHFAR

BAKSO ISTIGHFAR

Bakso, semua suka bakso. Makanan bulet dan berbahan daging dan tepung terigu ini adalah makanan yang menjadi favorite para wanita, dengan bumbu manis, pedes dan asem. Wih asyik nih makan bakso apalagi sambil kongkow bareng teman atau kerabat. Eh tapi ada juga yang suka makan bakso dengan bumbu ala kadarnya, alias bening tapi pedes. Ada kan? ngacung sok lah. 

Sebelumnya, Penikmat Rasa pernah juga review bakso Supri di Margahayu. Dan sekarang, penikmat Rasa mau cerita tentang bakso Istighfar, namanya sih Bakso Mang Dadang tapi dikatakan bakso istighfar karena pas melihat tampilan baksonya langsung deh beristighfar saking kagetnya dengan ukuran bakso yang jumbo. Penasaran kan? 


VIT LEVITE, menyegarkan

Semakin banyak minuman yang betebaran di minimarket ataupun di supermarket ya? Dan semuanya menyuguhkan rasa yang menyegarkan plus sehat. Kini VIT menyajikan minuman segar yang sehat dan menyegarkan yang bisa dikonsumsi siapa saja dan dimana saja, minuman ringan rasa buah yang diberi brand LEVITE. Karena botolnya yang ringan juga tentunya langsung meringankan hari anda, seperti slogan VIT. Thats all kenapa minum levite bisa meringankan hidup kamu. 

Bebek Sinjay Kini Ada Di Bandung

Bebek Sinjay Kini Ada Di Bandung. Kabar gembira buat para pecinta bebek, bebek Sinjay yang membahana itu kini ada di Bandung. Beberapa waktu lalu, saya diberitahu oleh teman kantor, bahwa ada tempat makan dekat dengan kantor dan enak, saya pun penasaran dan kemudian menyambangi tempat makan ini. 

Pertama masuk ke warung nasi bebek Sinjay ini, saya senang. Karena area makannya besar dan uniknya ada kotak - kotak tempat gitu buat empat orang, seperti ruangan khusus. Kita seperti sedang makan di dapur, asik jadinya. 











Kemudian, saya langsung duduk di tempat area dapur yang hanya untuk berempat itu. Dan ternyata kita seharusnya pesan dulu begitu datang, baru deh cari tempat duduk, haha. Jadi, menu yang ada di warung nasi Sinjay ini hanya ada satu menu, nasi bebek kremes saja. 


Saya bukanlah pecinta bebek, tapi kadang saya penasaran dan suka pengen makan bebek. Sejauh ini, bebek yang saya sukai adalah bebek Van java dan bebek merapi depan Itenas, itu enak bebeknya ga amis. Dan setelah saya men…