Rujak Cingur Surabaya

Makan rujak yuk, gengs! 

Cuaca yang gak panas dan juga gak mendung gini menurut saya enaknya nyemil rujak. Cemilan yang menyegarkan. Nah, kalau di Bandung nyari rujak enak itu banyak loh, segala macam rujak - rujak an semuanya ada loh, mulai dari rujak bebek (baca: Beubeuk), rujak ulek, rujak cuka sampai rujak cingur Surbaya pun ada loh di Bandung. Gengs, sukanya rujak apa? kenalan dulu yuk sama rujak - rujak an. 

photo from : pergikuliner,com
Rujak beubeuk

Rujak yang di-beubeuk barengan dengan terasi, garam, gula merah dan cengek (baca:rawit). Buah - buahannya itu mangga muda, pisang manggala, ubi, bengkuang dan juga kedongdong. Semua bahan itu di - beubeuk barengan atau ditumbuk sampai agak halus dan semua bumbu serta bahan tercampur menjadi satu diatas jubleg (duh apa ya namanya). Disajikan diatas daun pisang yang dipincuk dan dinikmati pas sedang panas, sedapnya! 

Biasanya rujak beubeuk ini ada di acara tujuh bulanan, dituker sama genteng gitu. Eh tapi sekarang masih ada ga yah adat 7 bulanan untuk bumil dan kemudian jualan didepan rumah, yang belinya pake genteng yang dibuletin menyerupai uang. 

Rujak Cuka

Rujak yang rasanya asem - asem pedes gimana gitu karena pada rujak cuka ini sesuai namanya ya memakai cuka. Bahan buah - buahan nya dicampur dengan sayuran. Wortel, timun, toge dan buah - buahan lain dicampurin sama gula merah, air dan cuka. Lebih enak jika disajikan dengan taburan kacang tanah yang sudah digoreng dan ditumbuk kasar plus kerupuk mie yang kuning itu, nikmat sekali. 

Rasa rujak cuka ini khas banget, ada asemnya ada manisnya dan sensasi pedas yang bikin ketagihan, apalagi kalau dicocolin sama kerupuk mie. 

Rujak Uleg

Ini rujak favorite saya, enak banget apalagi kalau bumbunya banyak kacang tanah yang ditaburin diatasnya, wih sedap. Saya paling suka isi buahnya mangga muda, timun, kedondong, bengkuang, sama nanas. Kasi kerupuk aci aja buat nyocolin ke bumbu. enak banget deh pokoknya bikin kepala yang pening jadi fresh kembali. 


Nah kalau semua rujak itu sudah saya nikmati. Kalau rujak cingur surabaya saya belum pernah cicipi, tapi menurut cerita katanya rujak cingur surabaya juga enak. Jadi penasaran deh sama rujak cingur surabaya

Photo from foody.id

Kalau temen - temen sukanya rujak yang mana? Sharing yuk

Post a Comment

0 Comments