3 Makanan khas Bandung

Selain terkenal dengan deretan factory outlet, Bandung juga terkenal dengan makanannya yang enak alias kulinernya yang cucok. Ada beberapa makanan yang memang sangat dicari di kota Bandung, so yang tinggal di luar kota Bandung, akan terasa hambar jika tidak mencicipi penganan khas kota kembang ini. 


  1. Batagor, hmm biasa aja kali, banyak kok batagor di kota lain juga. Ya ya memang, namun batagor yang satu ini sepertinya sudah menjadi ikon dari kota Bandung juga. Makanan yang terbuat dari tahu dan berselimutkan adonan terigu dan diisi ikan dan racikan bumbu rahasia lainnya ini enaknya disajikan dengan bumbu kacang dan kecap. Rasanya wiiih gak bisa diceritakan deh, enak enak cantik cantik. Nah untuk batagor, Bandung punya tempat makan batagor yang lumayan terkenal, diantaranya adalah batargor riri, kingsley, batagor abuy. Dan saya sukaaa banget sama batagor H. Ihsan. 
    gambar diambil dari food.detik.com
  2. Surabi, kadang ada yang bilang serabi juga sih namun karena saya urang sunda, saya mah bilangnya surabi :D. Surabi ini adalah makanan yang dibuat dari tepung beras dan dicetak dalam cetakan khusus, lebih enak sih kalau dimasaknya diatas tungku bukan kompor. Dan surabi yang khas Bandung adalah surabi asin kelapa disebut polos dan surabi oncom yang pedas. Mungkin karena kemajuan jaman juga, inovasi pun terjadi pada surabi, kini surabi ada topingnya. Tapi buat saya yang enak tetaplah surabi oncom. Bandung terkenal dengan surabi Enhaii. 
    Gambar diambil dari http://kitabmasakan.com
  3. Peuyeum, yess inilah penganan yang paling khas dengan Bandung. Liat aja peuyeumpuan Bandung geulis kan? #eh. Terbuat dari singkong yang telah difermentasi ini bisa dimakan langsung, atau bisa digoreng dan diberikan taburan gula putih. DIminum pagi hari bersama teh pahit. Nikmaaaat. Dan peuyeum ini lebih keren dan terkenal namanya dengan COLENAK alias di cocol enak. Di Bandung colenak  Murdi lah yang terkenal dan memang enak. 
Gambar diambil dari http://bandung.panduanwisata.id


3 comments:

  1. Wiiih itu surabinya menawan :D

    ReplyDelete
  2. batagor isaaaan! mmuah mmuah surabi oncoommm!

    ReplyDelete
  3. Surabinya emang menawan dan enyak :D

    Iya lu, batagor isan mah numero uno

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan berkomentar yang sopan yaa.