Cemilan Khas Garut - Burayot -

cemilan khas Garut ini selalu saja membuat saya wajib menghabiskannya, wajib. Rasa manis dari gula merah dan gurihnya tepung beras ini membuat lidah saya bergoyang dumang deh. 

Burayot, kue khas dari Garut yang terbuat dari tepung beras dan gula aren. Setiap kerumah mertua di Kadungora pasti saya minta dipesankan ini. Untuk kue burayot yang enak,  berasnya haruslah direndam semalaman terlebih dahulu sebelum dijadikan tepung dan diolah menjadi burayot. 
Credit : bekalbekal.com 
Burayot dibuat dengan cara menggodok gula aren sampai menjadi cair. Gula yang sudah dicairkan itu harus gula aren dengan kualitas yang baik, lalu dicampurkan kedalam adonan tepung beras dan santan. Lalu diaduk hingga mencampur rata. Untuk proses gorengnya pun tidak sembarangan lho, digoreng harus dalam keadaan minyaknya yang panas, dan digorengnya pun satu persatu dengan cara disiram sambil ditusuk menggunakan bilah bambu sampai tepung menggantung atau "ngagayot". Makanya disebutkan burayot atau ngeburayot. :D 

Duh jadi pengen makan burayot nih, sambil ditemenin teh hangat didepan balong :D. 

7 comments:

  1. Hi!

    My name is Merrya, Account Executive of Lazada Indonesia Affiliate Program. I would like to introduce you to our newest and fast growing program, Lazada Affiliate.
    We are interested to make a partnership with your website regarding this program, for both of us would get a very good benefit upon this great partnership.

    Please contact me directly so then i can give you an explaination about this program.
    We're looking forward for your kind reply to this special partnership offering with your website


    Thanks,
    Merrya
    merrya.nawati@lazada.co.id
    (021)29490210 ext 1601

    ReplyDelete
  2. Daku jg mau maakkkk, nyemil burayot smbil liat ujan, enak kali ya mak,

    ReplyDelete
  3. Aku paling seneng kalau dapat oleh-oleh Burayot dari Garut. Kangen cemilan ini :)

    ReplyDelete
  4. saya belum pernah makan mbak, di Medan nggak ada makanan kayak gitu. taunya sih dari garut itu yg terkenal dodol. dodol garut :D

    ReplyDelete
  5. iya, sya juga suka dngan brayot, bru prtama kali juga udh cinta ama nih makanan, sya waktu ke garut berkunjung melihat di tanjung, depan rumah makan samnbal cibiuk. ehh taunya ada burayot, dadakan malahan, jadi lebih enak hihihi

    ReplyDelete
  6. iya, sya juga suka dngan brayot, bru prtama kali juga udh cinta ama nih makanan, sya waktu ke garut berkunjung melihat di tanjung, depan rumah makan samnbal cibiuk. ehh taunya ada burayot, dadakan malahan, jadi lebih enak hihihi

    ReplyDelete
  7. Kok kayak odading yang asin bentuknya teh? Belum pernah nyobain euy aku mah, di Baleendah mah adanya burayam sama burjagung. haha... :v

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan berkomentar yang sopan yaa.